Senin, 20 April 2009

Petualangan Harus Segera Dimulai...


"Petualangan harus segera dimulai"...Yaach...inilah kata-kata yang terus aku simpan di dalam hatiku setelah hampir empat bulan aku tidak pernah melakukan petualangan menjelajahi alam mengagumi anugerah ciptaan Allah SWT. Aku masih ingat pendakianku terakhir adalah akhir desember kemarin ke Puncak Khayangan Berkabut Para Dewa, Puncak 29, Gunung Muria...Sebuah perjalanan akhir tahun yang sangat fantastis dan mengesankan. Bulan ini hasrat itu untuk sementara masih dalam impian setelah dua kali gagal melakukan petualangan pendakian karena harus mengutamakan pekerjaan terlebih dahulu. Mau gimana lagi, setiap akhir pekan di saat semua pada libur aku harus nglembur kerja. Tapi gak apa-apalah, yang namanya hidup harus jalan terus dan dijalani dengan penuh syukur dan ikhlas.

Perencanaan telah aku persiapkan dengan matang dari sekarang. Tenda, matras, tas ransel, kompor, alat-alat masak dan tidak lupa ketinggalan jaket tebal, celana panjang serta syal Panser Biru kesayanganku yang selalu setia menemaniku berpetualang selama ini telah aku persiapkan jauh-jauh hari. Rencana petualanganku aku mulai dahulu mendaki Gunung Panderman, seandainya Allah mengizinkan ini adalah pendakianku yang ke 13 menuju Puncak "Basundara" Panderman...kemudian rencana berikutnya adalah menuju Puncak Gunung Welirang untuk yang pertama kalinya. Banyak temen2 yang mengatakan pagi hari di Puncak Welirang sungguh eksotis pemandangannya. Inilah yang membuat hatiku mengebu-gebu untuk segera kesana. Kemudian petualangan selanjutnya adalah menaklukan Puncak Gunung Penanggungan yang katanya sering disebut dengan miniaturnya Gunung Semeru...wooow mantaaap. Kemudian dilanjutkan lain waktu menuju Puncak Misteri Gunung Arjuna. Pendakianku yang pertama ke Gunung Arjuna ini adalah ketika tahun baru 2007...aku masih ingat ketika itu kita nggak sampai puncak...yaaach 2 hari 2 malam badai gunung turun dengan dahsyatnya. Untunglah aku menemukan sebuah gubuk sehingga aku dan teman2 bisa berlindung di dalamnya menghindari badai gunung yang sepertinya tidak mau untuk diajak berdiplomasi.

Bermula dari peristiwa ini aku sadar dan menemukan hikmah yang dapat kita petik pelajaran bahwa alam ternyata butuh akan kasih sayang kita...selama ini kita sebagai manusia merasa diri kita merasa hebat dengan kemampuan, teknologi, ketampanan dan kecantikan kita sehingga kita terlena terhadap alam di sekitar kita. Ketika aku di dalam gubuk tua di tengah-tengah badai yang tak kenal kompromi aku merasa bahwa nyawa seseorang tidak ada apa-apanya apabila Allah telah berkehendak. Dari situ aku sadar akan dosa-dosaku masa lalu, dan aku berharap apabila Allah masih memberi kesempatan padaku untuk hidup pada waktu itu, maka sepulang dari pendakianku aku berjanji akan memperbaiki diriku dan berusaha untuk menjaga alam yang dititipkan Allah kepada kita ini dengan sebaik-baiknya. Aku juga sadar ternyata ketika kita berada di alam gunung yang liar menahan rasa haus, lapar, panas, dan dingin aku menemukan jawaban bahwa keadaan yang aku alami inilah seperti apa yang dirasakan oleh teman-teman kita yang hidupnya serba kesusahan. Aku merasakan hal ini hanya selama tiga hari di gunung sedangkan mereka hampir setiap hari harus menahan haus, lapar, kepanasan dan kedinginan dan wajah mereka menerawang kosong kedepan tanpa adanya harapan yang pasti akan kelanjutan hidup mereka. Sungguh berdosanya kita selama ini terhadap hal yang mungkin kita anggap sepele. Setiap kali aku mendaki gunung, aku menemukan liku-liku kehidupan tentang beginilah hidup yang sebenarnya dan bagaimana cara bertahan hidup di alam dunia ini.

Semoga perdamaian selalu tercipta di bumi ini...
Alam akan selalu merekah tersenyum bersemi...
Mentari setia menyinari rumput2 liar yang penuh warna-warni...
Fajar pagi kan memberikan berita pagi yang menyejukkan hati...
Kenari kecil sahabat ditengah jalan mendaki yang kami lalui...
Menuju puncak bidadari berhiaskan putihnya kabut permadani...

(Pasukan Langit, 20 April 2009)

6 komentar:

  1. very nice blog~
    Do you know Seoul, Korea?
    if not, feel free to visit my blog.
    Have a great day~ ^^

    BalasHapus
  2. trimsdah comment di blogFSku, ayo klo mau naik, dah gatel nih mo climbing lagi....hehe

    ini blog aku juga http://www.dwishuhuf.blogspot.com/
    main2 ke blog aku ya...:)

    lam kenal yach....

    BalasHapus
  3. iya thank you...salam kenal semuanya juga...:)

    BalasHapus