Rabu, 28 Juli 2010

Gunung Welirang (3156 Mdpl) Via Tretes





Setelah sukses dengan pendakian ke Gunung Arjuna awal juli kemarin, pendakian selanjutnya kami melakukan pendakian ke Gunung Welirang (3156 Mdpl) yang letaknya bersebalahan dengan Gunung Arjuna (3339 Mdpl). Team kami yang berangkat pada pendakian kali ini hanya dua orang yaitu : Junedz “Uneeet” dan Yuldhan “Ueleeek”. Hari Jum’at pukul 16.45 wib kami berangkat dari Pos Perijinan dan ngecamp di Pos Kokopan, baru esok harinya kami melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Welirang. Tepat senja hari kami tiba di puncak Gunung Welirang dengan pemandangan sun set yang sangat indah. Dari kejauhan tampak dengan jelas hamparan langit senja berwarna kuning kemerah-merahan dengan latar belakang Gunung Kelud, Gunung Kawi bahkan Gunung Lawu sangat terlihat eksotis. Hamparan awan di bawah kami terlihat jelas dan sangat indah. Dengan jalur yang sama yakni via Tretes, dalam pendakian kami kali ini waktu yang kami tempuh lebih cepat dibandingkan pada waktu pendakian ke Gunung Arjuna awal juli kemarin. Suhu udara di Puncak Welirang pada waktu senja itu mencapai 8 derajat celcius dengan hembusan angin yang sangat dingin.
Rute Perjalanan Via Tretes :
1. Malang-Pandaan : naek bus dengan waktu tempuh 1 jam Rp. 5000,00
2. Pandaan-Tretes : naek minibus dengan waktu tempuh 45 menit Rp. 7000,00
Rute Pendakian Via Tretes :
1. Pos Perijinan-Pet Bocor (800 mdpl) : 30 menit
2. Pet Bocor-Kopkopan (1500 mdpl) : 2,5 jam
3. Kokopan-Pondok Welirang (2250 mdpl) : 3 jam
4. Pondok Welirang-Puncak Welirang (3156 mdpl) : 4,5 jam
Berikut ini sepenggal cerita catatan perjalanan kami :
Pos Perizinan- Kokopan (1500 Mdpl)
Jum’at, 23 Juli 2010
Jam sudah menunjukan pukul 16:45 WIB, perjalanan kami awali dari pos perizinan masuk Gunung Arjuna (Tretes). Di pos perizinan kami membayar uang sebesar Rp 4.500,00 untuk tiket masuk juga menyerahkan foto kopi KTP. Perjalanan kita lalui dengan jalan bebatuan yang begitu tertata rapi sampai perjalanan kami bersinggah sebentar ke Pet Bocor. Di sana terdapat sebuah warung. Dari Pos Perizinan sampai Pet Bocor lamanya perjalanan sekitar 30 menit waktu yang kami butuhkan. Dari Pet Bocor kami berjalan kaki sampai Kokopan kurang lebih memakan waktu 2 jam 30 menit (19:45 WIB).
Kokopan – Pondok Welirang (2250 Mdpl)
Sabtu, 24 Juli 2010
Pagi-pagi saya memasak dengan teman saya dan tak perlu khawatir karena di sana kami menemukan banyak persediaan air dari sumber mata air yang dapat digunakan untuk memasak dan minum. Waktu sudah menunjukan pukul 08:15 WIB artinya perjalanan harus kami lanjutkan karena matahari sudah bergerak hampir di atas kepala kami. Selain itu kami harus mengejar waktu agar segera sampai menuju puncak. Tak terasa sedikit demi sedikit perjalanan kami sampai pada Pondok Welirang pukul 11:15 WIB, kurang lebih sekitar 3 jam.
Pondok Welirang – Puncak Welirang (3156 Mdpl)
Sabtu, 24 Juli 2010
Sementara itu kami istirahat di Pondok Welirang sambil menunggu shalat dhuhur. Karena hari sudah terlalu siang maka pendakian kami lanjutkan kembali pukul 13:00 WIB. Tak lupa kami membawa air secukupnya sebab perjalanan ini lumayan jauh dan juga sulitnya air yang tidak terdapat di puncak. Kurang lebih waktu yang kami tempuh selama 4,5 jam sampai puncak. Medan perjalanan yang kami lalui agak ekstrim di sana kami harus hati-hati karena banyaknya batu yang menanjak menyebabkan kaki kami terasa sakit dan pegal. Tak lama kemudian kami tiba di puncak pukul 17:30 WIB. Kami berfoto-foto sambil memandang alam di sekitar puncak Gunung Welirang dan menyaksikan matahari terbenam. Akan tetapi kami menikmatinya hanya 40 menit. Setelah itu kami memutuskan untuk turun dari puncak. Sampai bawah kami tiba di Pondok Welirang pukul 20:00 WIB yaitu sekitar 2 jam. Karena perjalanan ini harus sampai Kokopan malam ini juga maka kami berhenti beristirahat dan berjalan kembali sampai pukul 22:00 WIB tiba di Kokopan.
Kokopan – Pos Perizinan
Minggu, 25 Juli 2010
Tak terasa tidur begitu nyenyak semalam karena mungkin terlalu lelah. Pukul 08:45 WIB kami mengemasi tenda untuk bersiap-siap pulang. Perjalanan sekitar kurang lebih 2 jam sampai bawah. Di tengah perjalanan kami mampir di Pet Bocor untuk sekedar mengisi perut yang kosong. Total perjalanan pendakian kami ke Puncak Gunung Welirang (3156 Mdpl) via Tretes adalah 10 jam 30 menit. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah kami berdua lupakan di akhir pekan dan ini sekaligus juga membuktikan dari kabar atau omongan orang2 bahwa pemandangan dari Puncak Gunung Welirang bener2 sangat indah dan bagus apabila cuaca tidak mendung serta tidak hujan atau badai. Sebuah anugerah kepada kita sebagai umat manusia untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dari pemberian Sang Pencipta yaitu Allah SWT.
(Pasukan Langit, 28 Juli 2010)

4 komentar:

  1. pengen rasanya kesana lagi setelah 22 tahun yang lalu, apalagi dengan kondisi cuaca yang bagus, dari atas puncak welirang bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

    BalasHapus
  2. betul bos...memang sebelumnya aq mendengar dari cerita kabar burung bahwa andai cuaca gak kabut suasana di welirang sangat eksotis...dan aq telah membuktikanya...cuaca cerah pada waktu itu dan pemandangan bener2 sangat indah...:)

    BalasHapus
  3. @Ashabus : Insya Allah ayo sama2 naek menjalin banyak teman dan saudara seluruh Nusantara:)

    BalasHapus