Selasa, 04 Januari 2011

Gunung Welirang (3156 Mdpl) Via Tretes Jilid II









Pendakian Gunung Welirang (3156 Mdpl) Via Tretes Jilid II. Itulah kata-kata yang tepat dalam pendakian akhir pekan kemarin. Jalur Tretes merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki untuk menuju ke Gunung Arjuna (3339 mdpl) maupun gunung Welirang (3156 mdpl). Team kami yang berangkat dalam pendakian kali ini yaitu : Junedz “Dudut”, Yuldhan “Cowik”, Edo “Tub-Tub”, Firman “Bolang”, Bang Deni Irawan, Joe “John” dan Adib “Bidog”. Hari Jum’at pukul 09.00 wib kami berangkat dari Pos Perijinan dan ngecamp di Pos Pondok Welirang (2250 mdpl), baru esok harinya jam 04.00 pagi kami melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Welirang. Dari Pos Pondok Welirang, setelah berjalan 4 jam perjalanan melewati medan yang menanjak dan kabut yang tebal akhirnya kami tiba di puncak Gunung Welirang. Tapi sayang, karena kabut yang tebal dan hembusan angin yang cukup kencang, pemandangan tidak terlihat sama sekali. Dengan jalur yang sama yakni via Tretes, dalam pendakian kami kali ini waktu yang kami tempuh sama dengan pendakian Gunung Welirang bulan juli kemarin yaitu 10 jam 30 menit. Suhu udara di Puncak Welirang pada waktu itu pukul 08.00 pagi mencapai 5 derajat celcius dengan hembusan angin yang sangat dingin dan kabut tebal. Kami tidak lama-lama di puncak dan memutuskan untuk turun.

Gunung Welirang berada dalam deretan gunung-gunung. Jika dilihat dari atas, Gunung Welirang berada satu rangkaian dengan Gunung Arjuno, Gunung Ringgit, dan Gunung Anjasmoro. Barisan gunung ini menjadi obsesi bagi para pendaki untuk mendaki seluruh puncaknya, terutama Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Belum puas rasanya jika belum bisa menjejakkan kaki di puncak gunung-gunung itu.

Seperti halnya gunung berapi yang masih aktif, Gunung Welirang mempunyai kawah belerang yang sesekali mengepulkan asap. Masyarakat lokal sering menambang belerang untuk dijual. Di lereng Gunung Welirang masih sering dijumpai binatang-binatang liar. Mata air di sekitar Gunung Welirang masih alami dan terus-menerus mengeluarkan air sepanjang tahun. Menjadi sebuah keharusan untuk melestarikan keindahan alam Gunung Welirang sekaligus deretan gunung yang berada di sekitarnya.

Rute Perjalanan Via Tretes :1. Malang-Pandaan : naek bus dengan waktu tempuh 1 jam Rp. 5000,00
2. Pandaan-Tretes : naek minibus dengan waktu tempuh 45 menit Rp. 7000,00

Rute Pendakian Via Tretes :1. Pos Perijinan-Pet Bocor (800 mdpl) : 30 menit
2. Pet Bocor-Kopkopan (1500 mdpl) : 2,5 jam
3. Kokopan-Pondok Welirang (2250 mdpl) : 3,5 jam
4. Pondok Welirang-Puncak Welirang (3156 mdpl) : 4 jam


(Pasukan Langit, 4 Januari 2011)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar