Kamis, 26 Januari 2012

Manusia, Alam dan Lingkungan Sebagai Satu Kesatuan

Manusia, Alam dan Lingkungan merupakan suatu kesatuan yang tak pernah terpisahkan. Itulah yang pernah saya alami sehingga menyadarkan diri ini sebagai manusia masih banyak salah dan dosa. Apalagi terhadap lingkungan sekitar kita tinggal yang kadang kita menyepelekanya. Percaya tidak percaya peristiwa itu kami alami pada waktu pendakian ke Gunung lawu (3265 Mdpl) yang terletak di perbatasan Jawa tengah dan Jawa Timur. Pada waktu itu kami melakukan pendakian melewati jalur Cemoro Sewu, Magetan. Di tengah perjalanan hutan disertai hujan deras dan kabut tebal karena lawu terkenal dengan kabut tebal dan hawa dinginya sehingga jarak pandang hanya beberapa meter saja sehingga membuat kami bertiga harus saling terus berkoordinasi satu sama lain. Apalagi kami tidak membawa GPS dan Kompas karena persiapan yang begitu mendadak.

Sebuah peristiwa yang mungkin membuat saya takjub ketika beberapa ekor Burung Jalak saling bahu membahu satu dua meter di depan saya seolah2 mengisyaratkan memberi petunjuk jalan yang benar. Setiap aku berhenti melepas lelah maka burung pun ikut berhenti sambil kadang bersiul2 di atas bebatuan. Ketika kulangkahkan kaki di tengah hujan dan kabut maka burung itupun udah terbang di depanku agar aku mengikutinya dan jangan mengambil jalan lain di percabangan bila tidak ingin tersesat. Petunjuk itu benar2 membuat kami bisa menyelesaikan perjalanan sore itu. Dengan peristiwa ini mungkin menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu menjaga lingkungan minimal disekitar kita tempat tinggal sebagai perwujudan kepedulian kita terhadap alam. 

Oleh karena itu ketika aku melihat di lingkungan Kampus Universitas Brawijaya (UB) ada kandang yang dibuatkan khusus untuk Burung Merpati/Dara dan membiarkan mereka terbang bebas kesana kemari keluar masuk kandang membuat aku tersenyum senang dan sekilas mengingatkanku pada pertemuan spesial dengan Burung Jalak Lawu ketika itu. Ahhh…andai kamu ada disini sahabat-sahabat kecilku…gimana kabarmu kini…You’ll Never Walk Alone…

(Pasukan Langit, 26 Januari 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar