Senin, 07 Mei 2012

Suzuki Smash Titan : Pesona Gunung Banyak-Cangar, Kota Batu

Bukan petualangan pendakian gunung dan juga bukan pula petualangan jelajah pantai. Akhir pekan kemarin dapat sms dari teman-teman pemakai Suzuki Smash Titan mengajak touring ke wilayah Kota Batu. Karena ini merupakan hal baru buatku dan perlengkapan Safety Gear belum lengkap, maka saya menyarankan yang dekat-dekat saja yaitu ke Gunung Banyak dan wisata Air Panas Cangar. Bagi saya pribadi memiliki misi menguji Oli Motul Ester 15w/50 di Suzuki Smash Titan saya di jalanan perbukitan yang menanjak.

 (Pos Gunung Banyak)

 (Suzuki Smash Titan)

 (Persiapan Turun Dari Gunung Banyak)

Sabtu pagi pukul 8 kami kumpul, lalu berangkat menuju Kota Batu, karena jalanan macet kami lewat jalan tembus Jatim Park 2. Kondisi jalan beraspal terus menanjak bukan halangan bagi kami karena pemandangan perbukitan sangat indah. Tujuan pertama kami adalah ke Gunung Banyak pada ketinggian 1200 mdpl. Trek jalanan mulai berkelok-kelok ketika melewati daerah Payung yang sangat indah. Mendekati Gunung Banyak jalanan mulai berbatu tidak rata di kanan kiri jurang, tanjakan mulai ekstrim. Sampai Pos Pendaftaran dan membayar karcis masuk akhirnya kami sampai di Gunung Banyak. Pemandangan disni sangat indah dan setiap akhir pekan selalu ramai karena Gunung Banyak merupakan tempat kegiatan olahraga paralayang bintang tiga yang termasuk kategori kelas nasional.

 (Tikungan Klemuk)

 (View Kebun Kubis Cangar)

 (Tetap Semangat)

 (Menikmati Sejuknya Alam Pegunungan)

Menjelang siang perjalanan kami lanjutkan menuju Cangar sebuah tempat di kaki Gunung Welirang pada ketinggian 1000 mdpl yang merupakan tempat wisata pemandian air panas. Ahhh, melihat Gunung Welirang jadi kangen mendaki kesana lagi…he…he…he…kurang lebih satu jam perjalanan kami lewati jalanan berasapal yang berkelak-kelok menanjak tetapi tiak membuat kami bosan karena menawarkan pemandangan yang tidak kalah bagusnya seperti tempat-tempat pegunungan lainya. Udara begitu dingin memasuki wilayah ini kabut terlihat samar-samar diantara bukit dan hutan membuat suasana begitu menyejukan. Saya tidak akan banyak cerita dalam catatan kali ini, tetapi ada beberapa poin penting yang bisa disampaikan :

1.  Untuk kegiatan touring, Malang raya memiliki banyak tempat untuk dijelajahi, baik gunung, pantai, dsb yang membentang mulai dari Gunung Bromo, Kota Batu sampai pantai-pantai di Malang Selatan.

2. Karena ini pertama kalinya teman-teman Suzuki Smash Titan Malang Raya mengadakan kumpul-kumpul dan juga perlengkapan safety gear kami yang kurang memadai, diharapkan kedepan sedikit-demi sedikit kami akan melengkapi perlengkapan-perlengkapan yang seharusnya wajib ada dalam perlengkapan touring seperti halnya dalam perlengkapan-perlengkapan pendakian gunung yang kumiliki. Bagiku sendiri ini merupakan pertama kalinya karena aku sendiri lebih suka pada kegiatan-kegiatan petualangan alam seperti mendaki gunung pada khususya. Akan tetapi, dengan ini setidaknya sedikit demi sedikit aku belajar ilmu baru yang bisa aku petik dan aku serap seputar dunia pertouringan.

3.  Untuk Suzuki Smash Titan saya hasil dari perjalanan kemarin aku catat 1 liter pertamax = 45 km,  merupakan prestasi yang bagus untuk ukuran motor karburator melewati jalanan yang lebih banyak menanjak di daerah pegunungan.

4.  Untuk review Oli Motul Ester 15w/50 melalu media Suzuki Smash Titan hasil yang didapat adalah :

a.   Oli ini cocok untuk jarak jauh karena tarikan enteng banget kalau rpm atas tetapi untuk rpm bawah tarikan sedikit berat karena sae oli yang agak kental tetapi menurutku itu wajar sehingga saya memakluminya.

b.   Hampir 1000 km oli ini masih enak dipakai dan jarang selip kopling.

c.   Oli ini sangat terasa sekali tarikanya melewati tanjakan ekstrim masuk gigi 1 mengalahkan teman-teman lain yang memakai Suzuki Genuine Oil (SGO) dan Shell AX7.

d.   Mesin terasa halus dan minim getaran, dengan harga Rp. 96.000,00 di Ace Hardware, Kota Malang memang oli ini mantap banget mampu meredam panas dengan baik dan top speed yang siiip banget.

 (Menunggu Cewek Nex-Hayate-Skydrive Lewat)

(Persiapan Turun Dari Cangar)

Inilah pengalaman aku bersama teman-teman baru tentunya dengan pengalaman baru juga, satu hal yang harus kita ketahui bahwa dengan persaudaraan segalanya akan terasa begitu indah. Terima kasih buat teman-teman baru atas pengalamanya dan tentunya sampai bertemu lagi di pengalaman-pengalaman berpetualang berikutnya. 
(Pasukan Langit, 7 Mei 2012)

2 komentar:

  1. Mantabs bro,.. klw yg Jkarta kapan ya touring..?? ketua STRIDER jakarta sapa om?

    www.keshamotor.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Ni aku tinggal di Malang Bro...untuk jakarta kayaknya kamu aja brow yang jadi pionernya ngajak teman2 di sana...ha...ha...:)

    BalasHapus