Selasa, 14 Agustus 2012

Kenalkan Kegiatan Alam Bebas Sejak Dini



Ketakutan para orang tua ketika membiarkan anak - anak mereka bermain di alam bebas selain faktor keamanan juga dikarenakan kegiatan outdoor berkesan kegiatan mahal. Padahal kegiatan di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak - anak di bawah usia 5 tahun atau Balita.

Kegiatan outdoor memiliki banyak keuntungan. Selain untuk mengenalkan alam sehingga si anak bisa mengeksplorasi rasa penasarannya, juga dapat membantu meningkatkan kemampuanmotorik serta memungkinkan mereka mendapatkan udara segar.


Anda tak harus mengajak anak ke perkebunan atau taman di luar kota setiap minggunya. Aktivitas outdoor juga bisa dilakukan di sekitar rumah. Berikut ini beberapa alternatif mengenalkan kegiatan outdoor di rumah :

1. Berenang dengan Kolam Renang Portable

Kebanyakan balita sangat suka bermain air. Mengatur kolam renang portable di halaman rumah bisa menjadi pilihan yang mudah dilakukan. Ada beberapa jenis bahan kolam renang portable yang aman untuk balita, misalnya kolam karet dengan sisi dinding yang kaku sehingga dapat menampung air lebih banyak.

2. Petak Umpet atau Lempar Bola

Akan sangat membantu apabila Anda mengundang anak - anak tetangga atau kerabat untuk datang berkunjung. Walaupun para balita tidak mengerti akan konsep permainannya secara benar, tetapi bermain bersama akan membantu anak untuk bersosialisasi dengan teman seusianya.

3. Berkebun

Mungkin kita beranggapan kegiatan ini tidak cocok dengan si kecil, tetapi anak suka melakukan apa yang orangtuanya lakukan. Tidak ada salahnya Anda ajak dia untuk berkebun, sehingga dia dapat bermain dengan alam. Anda dapat mengenalkan tumbuhan dan hewan yang Anda dan si kecil temukan. Misalnya semut, jangkrik, dan sebagainya.

4. Piknik atau ke Kebun Binatang

Piknik di taman atau berkunjung ke kebun binatang dapat menambah pilihan kegiatan outdoor Anda dengan si kecil. Kegiatan seperti ini adalah cara sederhana untuk membiarkan dia menikmati alam bebas. Hal ini pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus penuh pembelajaran.

http://www.belantaraindonesia.org/
(Pasukan Langit, 14 Agustus 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar