Sabtu, 29 September 2012

Pantai Bandengan : Pesona Alam Pesisir Kabupaten Jepara

Libur lebaran selama 6 hari kumanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman ke Kabupaten Pati, jawa Tengah. Berkumpul sama keluarga kembali sungguh sangat menyenangkan setelah sekian lama tidak bertemu karena kesibukan pekerjaan di Kota Malang, Jawa Timur. Berkumpul bersama teman-teman lama juga menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan setelah sekian lama tak berjumpa. Hangatnya obrolan warung lesehan nasi kucing membuat jiwa petualang kami muncul dan terbesit untuk melakukan sebuah perjalanan. Akhirnya karena waktu yang mepet karena libur tidak begitu lama, diputuskan petualangan kali ini kami arahkan ke Pantai Bandengan di Kabupaten Jepara kurang lebih 2 jam perjalanan sepeda motor dari Kabupaten Pati.

H+2 setelah lebaran bersama keluarga di rumah masing-masing, perjalanan kami mulai berangkat pukul 10.00 pagi dari Kota Pati melewati Kota Kudus, cuaca panas siang itu dan macet karena suasana lebaran. Kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor kami akhirnya sampai di Pantai Bandengan. Setelah membayar tiket masuk Rp. 6.000,00 dan biaya parkir Rp. 5.000,00 kami akhirnya bisa menikmati suasana pesona alam pesisir pantai. Meskipun cuaca panas tak menyurutkan para pengunjung untuk datang berwisata bersama keluarga dan sanak famili mereka. Hembusan angin laut cukup mampu mengurangi panas di siang itu dan banyak para pengunjung yang menyewa tikar yang disewakan oleh para pedagang sekitar sambil menikmati indahnya alam dari bawah pohon yang teduh.

Setelah puas menikmati keindahan di sepanjang bibir pantai, akhirnya kami memutuskan untuk berpetualang ke Pulau Panjang dengan menyewa perahu setiap orang dikenai biaya Rp. 10.000,00. Cukup seru dan menyenangkan bagaimana melewati ombak seperti yang pernah kami rasakan ketika pada waktu di Pulau Lombok menuju ke Pulau Gili Trawangan di tengah laut. Kurang lebih 30 menit perjalanan akhirnya kami sampai di Pulau Panjang. Cuaca begitu panas dan disana kami dikasih waktu 30 menit untuk berkeliling pulau dan menikmati suasana sekitar sebelum kembali lagi ke Pantai Bandengan.

Setelah 30 menit berlalu kami akhirnya kembali menuju ke Pantai Bandengan. Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan menarik dimana seekor Burung Camar terbang tinggi kemudian menghujam ke laut sambil membawa ikan. Entah berapa kali dia memperoleh ikan demi kelangsungan hidup dan begitulah siklus kehidupan ini dengan segala Ketetapan-Nya. Sesampai Pantai Bandengan hari mulai menjelang sore dan kami memutuskan untuk kembali ke Pati agar tidak kemalaman. Kalau berangkatnya kami dari Kudus maka pulangya kami mengambil jalur lain yaitu dari Jepara menuju Tayu melewati hutan yang cukup rindang kemudian memasuki Kabupaten Pati. Alhamdulillah sampai rumah dengan selamat tepat menjelang adzan maghrib tiba.

Pantai Bandengan merupakan sebuah pantai di pesisir laut jawa yang merupakan tempat wisata alternatif yang sangat bagus bagi liburan anda bersama keluarga. Pantai ini terletak di Kabupaten Jepara dan tidak kalah bagusnya dengan Pantai Kartini di Kabupaten Rembang. Di Pantai Bandengan anda dapat melihat sunset yang sangat indah dan disana tersedia tempat penginapan di pinggir pantai apabila ingin menginap disana. Demikian petualangan kami dari Pantai Bandengan di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

(Pasukan Langit, 29 September 2012)