Rabu, 21 November 2012

Jadilah Pendaki Syariah Kawan...!!!

Puncak Gunung  Welirang (3153 Mdpl)

Mengingat banyak yang tersesat baru-baru ini baik di Gunung Arjuna maupun Gunung Welirang bahkan ada yang belum diketemukan sampai sekarang. Jangan menganggap sepele meskipun jalur pendakian dari Pet Bocor-Pos Kokopan-Pos Pondokan hanya satu aja. Sangat amat salah kalau menyepelekanya. Terkadang tidak bisa dinalar oleh akal pikiran manusia akan tetapi begitulah kenyataanya. Satu hal  paling penting : Menjadi pendaki syariah, atau pendaki yang sebenarnya dan membuat nyaman bukan hal sulit, tetapi juga bukan hal terlalu mudah. Semua berawal dari watak dan sikap. Serta semua itu bisa kita lihat dalam pergaulan sehari-hari antar kawan dan sesama. Tidak hanya saat di alam terbuka sifat itu akan melekat, tetapi dalam keseharian pun akan terlihat.

Pendaki syariah itu akan dirasakan oleh rekan pendaki lain, yakni perasaan aman dan menentramkan. Bukan pendaki egois yang memikirkan diri sendiri. Saat ada kawan pendaki lain yang kepayahan dan lelah atau hilang arah, dia akan selalu disisinya membantu sekuat dan semampunya. Dia yang didepan untuk mencari arah dan jalur perjalanan, bukan didepan untuk diri sendiri dan pendaki lain di suruh mencari jalur sendiri asalkan sampai puncak.

Disaat ada kawan lain kelelahan, dia mengerti apa yang harus dia lakukan. Minimal dia akan mendampingi atau menyiapkan minum bagi kawan yang lelah hingga bisa melanjutkan perjalanan kembali. Tidak mudah, tetapi juga bukan hal sulit. Hanya masalah nurani dan kepedulian. 

Saat berada di alam bebas seperti pendakian gunung, hampir tidak ada istilah master dan terhebat dalam melakukan kegiatan. Yang ada hanyalah kebersamaan. Sehebat apapun bila nurani mencekik, tinggallah dia sendirian di alam terbuka.

Semoga perilaku tersebut bisa dijadikan contoh bagi pendaki lain yang merasa hanya mendaki gunung dan turun kembali, tidak peduli dengan alam maupun kawan seperjalanan.

Jadilah pendaki syariah bagi kawan sependakian, pedulilah. Menjadi pendaki syariah akan lebih berharga dimata kawan maupun lawan. Niscaya alam dan sang pemiliknya pun akan lebih menghargai kita.

http://www.belantaraindonesia.org/2011/07/menjadi-pendaki-syariah.html

(Pasukan Langit, 21 November 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar