Rabu, 05 Desember 2012

Pantai Goa Cina : Keindahan Pesisir Malang Selatan

Kabupaten Malang sangat terkenal dengan wilayah seribu pantai. Banyak sekali kita menjumpai pantai-pantai yang sangat indah yang tersebar di pesisir selatan di wilayah Kabupaten Malang. Salah satu pantai yang sangat menarik untuk kita kunjungi salah satunya adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang dengan jarak tempuh dari pusat kota malang sejauh kurang lebih 75 km atau setara dengan 3 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor.

 (Keindahan Pantai Goa Cina)

Berangkat dari Kota Malang untuk mempersingkat waktu kami mencoba melewati jalan pintas lewat Kedungkandang dilanjutkan menuju jalan pedesaan menuju Tajinan (arah Gunung Ronggo). Karena lewat jalan desa, pemandangan sangat indah sekali melewati areal persawahan dan kebun. Kemudian perjalanan kami melanjutkan ke Turen menuju Sumber Manjing Wetan. Di tengah perjalanan kami istirahat sebentar sambil menikmati nikmatnya bakso daging sapi maknyusss.

 (Goa Cina)

Setelah beristirahat sebentar dan hari mulai sore, kami melanjutkan perjalanan yang tinggal separuh perjalanan lagi. Memasuki Sumber Manjing Wetan lelahnya perjalanan menjadi hilang karena kita akan melewati jalan perbukitan yang naik turun dengan pesona pemandangan yang sangat indah. Pantai Goa Cina ini searah perjalanan menuju Pantai Bajulmati, jadi kita akan melewati Jalur Lingkar Selatan Malang. Menuju Pantai Goa Cina kita dapat menemukan papan petunjuk dari jalur lingkar selatan, perjalanan belok ke kiri melewati jalan makadam berbatu sepanjang 1 km. 

 (Sisi Lain Pantai Goa Cina)

Memasuki loket penjaga kita membayar tiket masuk Rp. 8000,00 per orang dan untuk penitipan sepeda motor dikenakan biaya Rp. 5ooo,oo per motor. Sesampai di sana ternyata lumayan banyak pengunjung yang datang dan berkemah disana. Sambil menunggu indahnya sunset di senja sore itu, kami menikmati segarnya kelapa muda. Tidak  jauh dari pantai kita dapat menemukan Goa Cina yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar dan pengunjung yang mempercayainya. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukan dupa dan sesajen di sekitar Goa Cina. 

 (Sunrise)

(Sunset)

Bagi anda yang ingin mendapatkan sunrise mapun sunset yang sangat indah tentunya kalau cuaca tidak mendung, Pantai Goa Cina bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dikujungi. Disini juga tersedia tempat yang bisa dipergunakan untuk mendirikan tenda dan berkemah. Akan tetapi, kesadaran para pengunjung masih harus ditingkatkan karena banyaknya sampah disekeliling pantai meskipun sudah disediakan tempat sampah. Selain itu kami juga mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Malang membangun jalan yang lebih baik sepanjang 1 km menuju Pantai Goa Cina ini yang sekarang masih jalan berbatu yang tidak rata dan sangat licin apabila musim penghujan tiba. Dengan akses jalan yang lebih baik tentunya juga memudahkan penduduk sekitar pantai untuk beraktifitas dengan lancar dan tentunya juga menjadi salah satu aset berharga yang sangat bagus mengingat Pantai Goa Cina memiliki potensi yang sangat besar untuk terus dikembangan sebagai salah satu kawasan wisata pantai yang terletak di pesisir Malang Selatan.

(Pasukan Langit, 5 Desember 2012)

2 komentar:

  1. My brother recommended I may like this web site. He was totally right.
    This publish actually made my day. You cann't consider simply how so much time I had spent for this information! Thank you!
    My website :: Pearl jewellery

    BalasHapus