Rabu, 14 Agustus 2013

Waduk Gunung Rowo : Kabupaten Pati-Jawa Tengah

Waduk Gunung Rowo terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati-Provinsi Jawa Tengah. Waduk ini terletak di lereng Gunung Muria sebelah timur, sehingga karena terletak di pegunungan suasana di waduk ini cukup sejuk dan tenang. Untuk mencapai ke Waduk Gunung Rowo dari Kota Pati kita arahkan kendaraan kita menuju Stadion Joyokusumo Pati, dari stadion perjalanan diteruskan menuju Kecamatan Tlogowungu lurus sampai pada pertigaan yang ditengahnya ada Pohon Beringin besar. Dari pertigaan, kalau ke kanan akan ke arah Kajen sedangkan kalau ke kiri akan menuju Waduk Gunung Rowo.

(Hutan Pinggiran Waduk Gunung Rowo)

(Salah Satu View Waduk Gunung Rowo)

Setelah pertigaan belok kiri, perjalanan akan terasa menyenangkan karena disepanjang kanan kiri kita akan melewati area persawahan, ladang, dan hutan jati yang tentunya membuat suasana menjadi sejuk. Sebuah ciri khas pedesaan yang sulit ditemui di zaman modern sekarang ini. Memasuki Desa Guwo, perjalanan terus naik dengan jalan yang sudah beraspal mulus sampai kita memasuki Desa Sitiluhur. Memasuki Desa Sitiluhur jalanan sedikit ada yang rusak apalagi semakin mendekati Waduk Gunung Rowo. Di sini kita dikenai biaya masuk Rp. 2000,00 dan biaya Parkir Kendaraan juga Rp. 2000,00.

(Kelapa Muda dan Nasi Ikan Bakar Sambal Pedas)

(Eksotis)

(View Sore Hari)

Ketika sampai di Waduk Gunung Rowo ternyata cukup ramai pengunjung karena hari sabtu dan bertepatan dengan lebaran juga. Pemandangan di Waduk Gunung Rowo ini sangat indah dan banyak sekali warung di pinggir danau sehingga kita bisa makan sambil menikmati indahnya waduk dari pinggiran. Sambil menikmati indahnya Waduk Gunung Rowo kami memesan Kelapa Muda dan Ikan Bakar plus Sambal dan Nasi Hangat tentunya. Ikan ini diambil dari Waduk Gunung Rowo sendiri. Banyak orang yang memancing dan hasilnya dijual di warung-warung sekitar waduk.

(Indahnya Alam)

(Background Gunung Muria)

(Waduk Gunung Rowo dan Gunung Muria)

Menjelang Senja kami memutuskan untuk pulang, sore itu Gunung Muria sangat terlihat indah membuat ingin mendakinya lagi. Sudah lama tidak mendaki ke sana dan suatu saat kalau ada waktu luang ingin kembali kesana dan bernostalgia mendaki bersama teman2 kecil di kampung halaman. Momen lebaran kali ini sangat spesial karena bisa liburan ke Gunung Rowo bersama teman2 yang dari tempat tinggal saya hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan memakai sepeda motor. Salam Petualangan…Salam Damai Selalu.
(Pasukan Langit, 14 Agustus 2013)