Selasa, 17 Maret 2015

Latar Ombo (1600 Mdpl), Gunung Panderman

Setelah genap empat tahun berlalu terakhir kalinya saya dan kawan-kawan mendaki Gunung Panderman, akhirnya kerinduan itu terlaksana juga. Meskipun tidak sampai puncak karena tujuan kami kali ini hanya sampai Pos Latar Ombo yang berada di ketinggian 1600 mdpl, akan tetapi itu sudah cukup bagi kami untuk melepas rindu akan keindahan alam yang termasuk dalam gugusan pegunungan kawi ini. Berangkat sabtu sore selepas ashar, seperti biasa perjalanan kami lanjutkan menuju Kota Wisata Batu menuju Base Camp pendakian Gunung Panderman.

(Start Pendakian)

(Sumber Air)

(Jalur Pendakian)

(Vegetasi Hutan)

Memasuki Desa Seruk kemudian kita menitipkan sepeda motor di tempat penitipan yang dikelola oleh warga sekitar dimana kami dikenai biaya Rp. 5.000,00/malam. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan desa yang sudah beraspal. Jalan yang terus menanjak membuat tenaga kami terkuras sampai batas terakhir jalan beraspal. Setelah beristirahat sebentar perjalanan dilanjutkan menuju Pos Sumber Air (1330 mdpl), disini kita dapat mengambil air sebelum melanjutkan perjalanan.

 (Kabut Sore 1)

 (Kabut Sore 2)

 (Indahnya Kabut)

(Latar Ombo)

Sebelum melanjutkan perjalanan, ambil jalan setapak sebelah kiri yang menanjak dan terus ikuti jalur tesebut melewati lereng Gunung Bokong sampai kita pada tanah datar yang terdapat beberapa batu besar. Dari batu besar akan ada jalur bercabang kalau ke kiri jalan lebih datar tetapi lebih jauh karena memutar sedangkan kalau pilih ke kanan jalur lebih menanjak tapi lebih cepat karena memotong jalur dan nanti kedua jalur tersebut akan bertemu menjadi satu kembali. Setelah mengikuti jalan yang terus menanjak, maka akan sampai pada tanah datar yang luas yang bisa menampung lebih dari 20 tenda yang dinamakan Latar Ombo (1600 Mdpl). Perjalanan dari tempat penitipan sepeda sampai latar ombo memakan waktu kurang lebih 1-1,5 jam tergantung dari kondisi fisik individu masing-masing.

(Meong Sang Petualang)

(Tenyom2 Lucu)

 (Puncak Watu Gede Dibalik Kabut)

(Background Puncak Panderman)

Di latar ombo kita dapat menikmati pemandangan Kota Batu, Gunung Arjuna-Welirang dan Puncak Gunung Panderman dapat terlihat dari sini. Bagi yang ingin summit attack ke puncak biasanya akan mendirikan tenda disini sebelum melanjutkan perjalanan esok harinya. Dari latar ombo menuju puncak bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan mendaki. Bila pagi hari tiba kita juga dapat melihat kawanan monyet lucu di atas pohon yang sesekali minta makanan. Oleh karena itu harus hati-hati dengan barang bawaan yang kita bawa. Demikian petualangan kami kali ini, salam damai selalu dimanapun kita berada.

            (Pasukan Langit, 17 Maret 2015)

2 komentar: