Selasa, 03 Januari 2017

Coban Rais (1025 Mdpl), Oro-Oro Ombo - Kota Batu

Sudah tiga bulan saya menempati rumah baru, sebuah rumah kecil yang sederhana tapi cukup sejuk karena terletak di atas perbukitan pada ketinggian 700 mdpl. Lokasinya yang berbatasan dengan Kota Batu memudahkan saya apabila ingin melakukan pendakian gunung atau berwisata alam ke wilayah Kota Batu. Liburan tahun baru 2017 ini saya memulai aktifitas petualangan alam saya dengan megeksplorasi keindaham alam di Wana Wisata Air Terjun Coban Rais bersama seorang teman dari Kota Malang. Lokasinya terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, kalau berangkat dari rumah hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan sepeda motor.

 (Pemandangan Indah)

 (Taman Bunga)

 (Memasuki Kawasan Hutan)

(Melewati Aliran Sungai)

Setelah sampai di Pos Pendaftaran, kami diwajibkan membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3000,00/sepeda motor dan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,00/orang. Karena sedang musim penghujan, jalan menjadi licin dan becek sehingga diperlukan kehati-hatian dalam melangkah. Menyusuri jalan setapak menuju Coban Rias kita akan melewati beberapa Camping Ground dimana banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda disini karena menawarkan keindahan yang sangat memukau. Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan alam juga terdapat Taman Bunga dan Rumah Pohon tempat selfie dan pengunjung harus dikenai biaya masuk. Kami sendiri hanya melihat dari kejauhan karena fokus kami adalah menuju Coban Rais yang jalurnya cukup terjal dan licin karena sedang musim penghujan dan mebutuhkan waktu lebih lama sekitar 1,5 jam perjalanan menyusuri hutan.

 (Air Terjun Kecil 1)


 (Air Terjun Kecil 2)


 (Jalan Semakin Terjal)

(Coban Rais Dari Kejauhan)

Perjalanan awal masih jalan setapak yang lebar sampai memasuki hutan jalan semakin mengecil dan terjal. Di tengah perjalanan hujan sempat turun membuat jalan semakin licin diperlukan kehati-hatian agar tidak jatuh terjerembab. Beberapa kali kami harus melewati arus sungai yang cukup deras dan melewati lereng tebing yang terjal. Setelah berjalan memasuki hutan selama 1,5 jam akhirnya kami sampai pada Air Terjun Coban Rais. Terletak diantara tebing-tebing tinggi membuat tempat ini menjadi surga alam yang tersembunyi di tengah hutan. Persiapkan fisik dan mental kalian apabila kita ingin menjelajah kawasan Coban Rais ini apalagi di musim penghujan cuaca sangat dingin dan kontur tanah yang becek membuat kita akan kesulitan dalam melangkah. Selamat berpetualang dan sampai jumpa pada petualangan kami selanjutnya.

 (Background Coban Rais)

 (Arus Deras)

 (Titik Pecahan Air Seperti Kabut)

(Eksotis)
(Pasukan Langit, 3 Januari 2017)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar